Selamat datang di FK GTT-PTT Kebumen
Headlines News :
Home » » Pentingnya Validasi dan Verifikasi Data NUPTK di Padamu Negeri Kemdikbud

Pentingnya Validasi dan Verifikasi Data NUPTK di Padamu Negeri Kemdikbud

Oleh : Admin | Minggu, 26 Mei 2013

 
Guru yang sudah mempunyai NUPTK diwajibkan untuk mem-Verifikasi & Validasi NUPTK (Verval) NUPTK. Karena banyak Guru yang sudah mempunyai NUPTK, tetapi sudah tidak aktif lagi di sekolah, terutama Guru yang NON PNS / Guru Honorer. Oleh Karena itu pada tahun 2013 ini Pangkalan Data Penjaminan Mutu Pendidikan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( PADAMU NEGERI ) mewajibkan bagi semua Guru yang masih aktif melakukan KBM supaya melakukan pemutakhiran data NUPTK dengan cara mem-Verifikasi & Validasi NUPTK nya masing-masing. 

Dalam perkembangannya, NUPTK menjadi syarat utama yang harus dimiliki oleh seluruh PTK se-Indonesia untuk dapat mengikuti program-program Kementrian lainnya, antara lain:
  • Sertifikasi PTK
  • Uji Kompetensi PTK
  • Diklat PTK, dan
  • Aneka Tunjangan PTK
Mengapa harus VerVal Ulang NUPTK 2013?
  1. NUPTK yang dikelola oleh PMPTK sejak tahun 2006 - 2010 kemudian dikelola oleh BPSDMPK-PMP sejak 2011 menjadi kode referensi utama untuk dapat mengikuti berbagai program pengembangan PTK yang dilaksanakan oleh Kemdikbud, antara lain: Sertifikasi, Uji Kompetensi, Diklat, dan Aneka Tunjangan PTK lainnya.
  2. BPSDMPK-PMP yang bertanggungjawab sepenuhnya terhadap pengelolaan NUPTK sangat berkepentingan melakukan VerVal Ulang NUPTK 2013 dalam rangka meningkatkan penjaminan mutu pendidikan nasional khususnya para PTK.
  3. Dengan peran aktif PTK dalam melaksanakan program VerVal Ulang NUPTK periode 2013 ini. BPSDMPK-PMP dapat membantu progress penjaminan peningkatan mutu para PTK dengan lebih obyektif, transparan, akurat dan berkesinambungan.
  4. Data PTK hasil VerVal Ulang NUPTK yang dikelola oleh BPSDMPK-PMP akan menjadi sumber referensi utama untuk pelaksanaan program-program peningkatan mutu PTK yang dilaksanakan oleh Direktorat Kemdikbud terkait pada tahapan selanjutnya.

Apa manfaat bagi PTK?
  1. Setiap PTK diberi akun login untuk dapat memutakhirkan data personal masing-masing setiap saat setiap waktu darimana saja secara online 24 jam.
  2. Setiap PTK akan diberi fasilitas media jejaring sosial untuk saling berbagi, berkomunikasi dan berkolaborasi antar PTK se-Indonesia.
  3. Setiap PTK akan memiliki Kartu Digital NUPTK yang uptodate di http://padamu.kemdikbud.go.id/kode_nuptk (dalam proses pengembangan)
  4. Setiap PTK akan diberi fasilitas ruang penyimpanan (storage) online untuk menyimpan beragam arsip dokumen secara digital seperti: Ijazah, Sertifikat, Piagam-Piagam, Surat Tugas, dan lain sebagainya (dalam proses pengembangan)
Pemutakhiran data NUPTK / mem-Verval NUPTK 2013 dilakukan dengan cara Online,  di http://padamu.kemdikbud.go.id/

  1. Masukan nama Anda/NUPTK
  2. Ketik nama Kabupaten pada kota lokasi sekolah induk
3. Klik Unduh Formulir
    Pilih kalau sebagai pengawas dan pilih masih aktif.


4. Isikan formulir NUPTK



Jenis Formulir VerVal Ulang NUPTK 2013, meliputi :
  • Formulir A01 = Bagi NUPTK yang data asal Sekolah/Madrasah Induknya telah teridentifikasi NPSNnya dan masih aktif di Sekolah/Madrasah Induk tersebut.
  • Formulir A02 = Bagi NUPTK yang data asal Sekolah/Madrasah Induknya telah teridentifikasi NPSNnya, namun saat ini sudah mutasi/pindah ke Sekolah/Madrasah Induk lainnya.
  • Formulir A03 = Bagi NUPTK yang data asal Sekolah/Madrasah Induknya belum teridentifikasi NPSNnya.
  • Formulir A04 = Bagi NUPTK yang statunya saat ini menjadi Pengawas Sekolah/Madrasah.
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

Anonim
29 Mei 2013 13.55

sy gk ada akte lahir, kpn kira@ bts terahir verval pa?

Poskan Komentar

 
Home | On Facebook | Profil
Copyright © 2012. FK GTT PTT KEBUMEN - All Rights Reserved
Published by Admin FK GTT PTT Kebumen
Support by Maskolis
***** Guru adalah pejuang pendidikan *****